Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Suku Batak Dairi Asal Sumatera

Mengenal Suku Batak Dairi Asal Sumatera
Pakaian Adat Suku Dairi
Mengenal Suku Batak Dairi Asal Sumatera. Suku Dairi adalah suatu etnis masyarakat suku yang bertempat di kabupaten Dairi. Suku ini tersebar di wilayah kabupaten Dairi dan hidup berdampingan dengan kerabat dekatnya, yaitu suku Batak Pakpak. Antara kedua suku tersebut hampir tidak bisa dibedakan, karena keduanya memiliki kebudayaan yang mirip, mulai dari segi budaya, bahasa dan tradisi seluruhnya, yang membedakan hanya dari dialek dan perbedaan marga yang digunakan oleh kedua suku ini.

Dari pendapat suku Batak Pakpak, bahwa suku Batak Dairi adalah merupakan bagian dari 5 (lima) sub suku Batak Pakpak, yaitu:

1. Pegagan
2. Keppas
3. Simsim
4. Klasen
5. Boang

Namun pernyataan tersebut dibantah oleh suku Dairi sendiri, karena menurut orang Dairi yang disebut suku Pakpak itu adalah hanya puak Pegagan, puak Keppas dan puak Simsim, sedangkan puak Klasen dan puak Boang adalah merupakan kelompok suku Batak Dairi.

Pembagian puak menurut suku Dairi, adalah:

  1. Suku Dairi Klasen
  2. Suku Dairi Boang, kadang disamakan dengan suku Julu yang berada di Singkil
  3. Satu komunitas lagi menempati daerah Boang yang menyebut dirinya suku Kahia, atau suku Dairi Kahia, kadang disebut juga sebagai suku Pakpak-Kahia. Mereka mengatakan dulunya mereka memang berasal dari wilayah Pakpak-Dairi sekarang, tetapi mereka berbeda dengan suku Pakpak.

Dari pendapat diatas dikatakan bahwa suku Dairi dan Suku Pakpak berbeda, namun dari segi adat istiadat serta bahasa kedua suku ini sama, hanya berbeda dari dialek dan marga yang digunakan.

sumber referensi:
http://planetbatak.blogspot.co.id/2013/07/suku-batak-dairi.html diakses tanggal 6 september 2015

Post a Comment for "Mengenal Suku Batak Dairi Asal Sumatera"