Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tari Merak Tarian Asal Daerah Pasundan Jawa Barat

Tari Merak Tarian Asal Daerah Pasundan Jawa Barat
Tari Merak Photo : Kebudayaan1.blogspot.com
Pengertian Tari Merak tarian yang berasal dari daerah pasundan Jawa Barat. Tari Merak adalah salah satu tarian yang menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan geraknya diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.

Sejarah Tari Merak

Pada tahun 1950an seorang kareografer bernama Raden Tjetjep Somantri menciptakan gerakan Tari Merak. Beliau mengimplentasikan kehidupan burung Merak dalam gerakan tari tersebut. Utamanya tingkah merak jantan yang mengembangkan bulu ekornya ketika ingin memikat merak betina. Gerakan merak jantan tersebut tergambar jelas dalam Tari Merak.

Seiring perkembangan jaman, Tari Merak Jawa Barat telah mengalami perubahan dari gerakan asli yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri. Adalah Dra. Irawati Durban Arjon yang berjasa menambahkan beberapa koreografi ke dalam Tari Merak versi asli. Sejarah Tari Merak tidak hanya sampai disitu karena pada tahun 1985 gerakan Tari Merak kembali direvisi.

Baca juga : Tari kandagan tarian daerah Sunda Jawa Barat

Kostum

Pakaian yang dipakai penarinya memiliki motif seperti bulu merak. Kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak seperti warna hijau, biru dan hitam. Ditambah dengan sepasang sayapnya yang melukiskan sayap atau ekor merak yang sedang dikembangkan. Para penari juga menggunakan mahkota yang makin menambah motif burung merak.


Pementasan

Dalam pementasannya tari Merak ditarikan secara berbarengan, biasanya tiga penari atau bisa juga lebih. Setiap penari memiliki fungsi sebagai wanita dan laki-lakinya dan diiringi lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul. Dalam adegan gerakan tertentu terkadang waditra bonang dipukul di bagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang, itu merupakan bagian gerakan sepasang merak yang sedang bermesraan. Gerakan merak yang anggun dan mempesona tergambar dari gerakan Tari Merak yang penuh keceriaan dan keanggunan.

Tari ini sering juga digunakan untuk menyambut pengantin pria atau sebagai hiburan untuk tamu dalam acara pernikahan. Selain itu karena kepopuleran Tari Merak, tari ini juga banyak ditampilkan dalam acara nasional dan internasional.

Banyak tarian yang diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, namun tari Merak ini merupakan tari yang terkenal di Indonesia dan luar negeri.

Baca juga : Mengenal suku Sunda Asal Jawa Barat

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Merak diakses tanggal 22 agusutus 2014
http://kebudayaan1.blogspot.com/2013/08/sejarah-kebudayaan-tari-merak.html diakses tanggal 22 agusutus 2014

3 comments for "Tari Merak Tarian Asal Daerah Pasundan Jawa Barat"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Gambar kostumnya bisa juga di tambah kan

    ReplyDelete